Kamis, 13 Januari 2011

Jawaban UTS PTI


LEMBAR JAWABAN UTS
SOAL NOMOR 1 – 4



1. a. Teknologi Informasi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains   dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis.
     b.  Definisi Teknologi Informasi
 1) Menurut Haag dan Keen (1996): Teknologi informasi adalah seperangkat  alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi
           2)  Menurut Martin (1999): Teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi
   3) Menurut Williams dan Sawyer (2003): Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video
c.  Kegiatan - kegiatan    yang    terjadi    berhubungan    dengan    adanya perkembangan Teknologi Informasi, adalah suatu evolusi yang dideskripsikan sebagai berikut:
1)    Abad Pertanian (Tahun < 1800) : Bertani, menggunakan tenaga manusia dan tangan
2)    Abad Industri (1800 – 1957) : Bekerja di pabrik, menggunakan tenaga manusia dan mesin
3)    Abad Informasi (1957 – sekarang) : Pekerja terdidik, menggunakan tenaga dan teknologi informasi
d.  Peran dan manfaat  Teknologi Informasi  dalam kehidupan manusia antara lain:
1)  Teknologi Informasi memiliki efek besar dan dampak signifikan
2)  Struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegiatan sangat dipengaruhi oleh Teknologi Informasi
3)  Teknologi Informasi mempengaruhi banyak aspek pekerjaan/organisasi


2.  a. Perangkat Keras  atau  Hardware  adalah  semua  bagian  komputer  yang berbentuk fisik.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras computer dibagi menjadi :
1)    Input Device (piranti masukan), berfungsi sebagai media untuk memasukkan data ke dalam memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
2)    Process Device (piranti pemrosesan), adalah piranti yang berada dalam komputer yang disebut Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
3)    Output Device (piranti keluaran), adalah perangkat periferal yang memungkinkan pengguna untuk melihat atau mendengar data yang diolah computer.
4)    Backing Storage ( piranti penyimpanan) media  untuk menyimpan data yang berfungsi sebagai pendukung. Umumnya backing storage ini kemampuan simpannya lebih besar daripada penyimpan data utama, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah.
5)    Periferal ( piranti tambahan), yaitu piranti-piranti tambahan untuk mempermudah pengoperasian computer.
     b. Komponen yang merupakan otak dari pesawat komputer adalah Central Processor Unit (CPU). Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras.
3. a. Input Device (unit masukan), adalah media untuk memasukkan data ke dalam memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Yang termasuk ke dalam unit masukan antara lain : keyboard, audio, pointing, scanning, specialized.
1)    Keyboard, adalah salah satu piranti masukan yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks
2)    Audio, adalah salah satu piranti masukan yang berfungsi mengakses suara dari sumber data dengan system kerja berupa pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik.

3)    Pointing, adalah piranti untuk menunjuk suatu titik atau jalur. Beberapa bentuk pointing antara lain: mouse, joystick, trackballs, light pen, touch screen, dan lain-lain.
4)    Scanning adalah piranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, juga tulisan tangan.
     b. Output   Device   (  piranti  keluaran  ),  adalah   perangkat   periferal   yang memungkinkan pengguna  untuk melihat atau mendengar data yang diolah computer. Yang termasuk ke dalam piranti keluaran antara lain:          Visual Output , Audio Output, dan Printer.
1)    Visual Output, adalah piranti keluaran yang menampilkan teks, grafik, dan video.
2)    Audio Output, adalah piranti keluaran yang menampilkan suara, musik, dan pidato disintesis.
3)    Printer, adalah perangkat periferal yang menghasilkan salinan fisik atau hard copy output komputer
4. a. Program Sistem disebut juga Sistem Operasi  atau OS, yaitu perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen  perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Salah satu contohnya adalah Kernel yaitu suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.
     b. Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang siap digunakan untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah dibundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar