Jumat, 11 Maret 2011

UAS PTI


JAWABAN SOAL UAS PTI
SABTU, 12 MARET 2011

Oleh :
JATNIKA PRIA UTAMA
NIM. 10861014



1.    INTERNET
Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif, secara fisik adalah interkoneksi antara jaringan komputer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi, isi internet adalah informasi yang dapat di bayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap dan dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet.
Sebagai seorang guru yang mengajar mata pelajaran Seni Rupa, saya bisa memanfaatkan keberadaan internet untuk efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah. Aplikasi dari penggunaan internet dalam kegiatan pembelajaran Seni Rupa antara lain memudahkan kita mencari bahan atau referensi baik yang berbentuk tulisan atau kalimat-kalimat verbal, gambar visual (foto tokoh-tokoh seni rupa dunia, contoh-contoh karya seni lukis, patung, dsb), audio (petunjuk-petunjuk dalam bentuk pesan suara), maupun audio visual (rekaman film/video tentang proses pembuatan karya seni di studio, kegiatan pameran, dll).
Cara mengakses internet :
1.      Dial Up
2.      Kabel ADSL
3.      Wireless
4.      Mobile
5.      Hotspot
Istilah-istilah penting dalam internet :
a.       WiFi (Wireless Fidelity), merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan
b.      Hotspot, jangkauan dari jaringan WiFi
c.       ISP (Internet Service Provider), perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor, dan organisasi dapat memanfaatkan internet
d.      Modem (Modulation demodulation), alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya
e.       ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), jaringan internet kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk sama dengan sinyal yang keluar (asimetris)

2. BLOG
 Blog adalah bagian dari media baru yang bersifat PERSONAL dan SOSIAL (SOCIAL MEDIA) yang dapat diakses secara terbuka oleh peminat (audiens) siapa saja.

     Dengan kata lain, Blog adalah :
a.     Website pribadi dalam format kronologi terbalik( yang terbaru diatas) yang di-update secara kontinyu oleh pemiliknnya, jadi
b.    Blog secara teknis yaitu teknologi aplikasi website yang memudahkan seseorang untuk menerbitkan materi, apakah itu berupa teks, grafiks, audio maupun video ke Internet cecara mudah, cepat dan murah, dengan fitur- fitur otomatis, seperti pengarsipan dan fasilitas feedback yang berupa area untuk member komentar.
Macam-macam Blog : Blog Bisnis, Blog Keluarga, Blog Organisasi, Blog Kesehatan, Blog Politik, Personal Blog, Blog Media, Blog Agama, dan Blog Pendidikan.
1.    Sejarah Blog
a.     Blog adalah istilah yang ditemukan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997, seperti Blog Bisnis, Blog Keluarga, Dan Blog Organisasi.
b.     Untuk menyebut situs- situs yang berupa catatan harian seseorang websurfer, dimana sang websurfer menuliskan catatan dan link setiap hari ke website yang dia temukan dan dikunjungi disertai dengan komentar dan komentar opini mereka tentang website  lain tersebut.
2.    Definisi Blog
a.    Situs web yang berisi kumpulan tulisan yang disusun secra kronologis,
b.    Ada format sindikasi seperti RSS atau ATOM,
c.    Biasannya memiliki fasilitas komentar, trackback, dan atau pingback,
d.  Tulisannya dibuat dari sudut pandang penulisannya (blog bukanlah jurnalisme atau press Release),
e.      Penulisan blog dibantu oleh CMS (content managemeny system).
3.    Fungsi Blog
a.   Sebuah blog adalah situs web yang mudah digunakan dan dapat dengan cepat membosting pemikiran, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi keuntungan.
b.   Dapat dijadikan media interaksiantara guru dan rekan guru; guru dan siswa, antar siswa dan siswa.
4.    Keuntungan Blog
a.   Mudah dibuat, cocok untuk semua user, dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan pada tiap profesi,
b.    Send of purpose; blog dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan,
c.   Melatih berfikir, menyampaikan pendapat, pengalaman, pengalaman, dan menulis, sehingga dapat dijadikan sarana edukasi dan pemberdayaan,
d.  Membentuk komunitas blogger, dapat saling berbagi ekspresi dan informasi secara tertulis, dan berdiskusi mengenal blog dan permasalahannya,
e.    Media komunikasi baru diinternet yang populer dan gratis.
5.    Kerugian/ pengaruh Blog : serangan 11 September, Investasi Amerika Serikat ke Irak, Pemilihan Presiden U.S, Serangan Teroris di Madrid dan London, Kasus bom Kuningan.
6.    Mengapa publik menyukai Blog
a.    Interaktivitas (komentar, trackback, dan pingback),
b.    Sindikasi,
c.    Sentuhan personal Informasi didapat langsung dari sumbernnya,
d.   Siapapun bisa membuat blog dengan isi apa saja tanpa harus melalui birokrasi yang berbelit- belit.
7.    Alasan membuat kebijakan tentang blog
a.    Fenomena blog kembang dengan sangat cepat,
b.    Suka atau tidak suka, penulisan blog tidak dapat dicegah,
c.    Fenomena blog harus dapat dimanfaatkan demi kemajuan,
d.   Efek- efek negative blog yang mungkin dapat ditimbulkan oleh blog harus dapat ditekan.
8.    Yang harus diperhatikan ketika menulis Blog
a.   Tulisan blog menjangkau seluruh dunia dan bisa dibaca oleh siapapun,
b.   Yakinlah bahwa isi blog anda tidak menyinngung siapapun.
c.    Isi blog tidak mengandung unsure SARA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar