Rabu, 01 Desember 2010

Tugas ke-3 PTI


Tugas ke-3 Mata Kuliah PTI
(Rangkuman Materi Perangkat Keras Komputer)
Oleh: Jatnika Pria Utama


B.       Perangkat Keras dan Fungsinya
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.
Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras computer dibagi menjadi :
1.        input divice (unit masukan)
2.        Process device (unit Pemrosesan)
3.        Output device (unit keluaran)
4.        Backing Storage ( unit penyimpanan)
5.        Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar komputer terdiri dari input, process, output dan storage.
·         Input device terdiri dari keyboard dan mouse,
·         Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section),
·         Output device terdiri dari monitor dan printer,
·         Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape.
·         Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
·         Periferal Device merupakan komponen tambahan yang belum ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1.    Unit Masukan ( Input Device )
Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data ke dalam memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, yaitu unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, untuk melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
a.     Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
b.     Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu
1)   Keyboard merupakan unit input paling penting dalam komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakan saat ini adalah jenis QWERTY yang pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

   Jenis-Jenis Keyboard
a)  QWERTY
b)  DVORAK
c) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
a. Typewriter Key
b. Numeric Key
c. Kunction Key
d. Special Function Key.

a. Typewriter Key
Merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya seperti:
·      Back Space, tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
·      Caps Lock, untuk menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar/Kapital, atau menjadi huruf kecil.
·      Delete,  berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
·      Esc, untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
·      End, untuk memindahkan cursor ke akhir baris/ halaman/   lembar kerja
·         Enter, untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
·         Home, untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
·         Insert, berfungsi untuk menyisipkan character.
·         Page Up, untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
·         Page Down, untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
·         Tab, berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
b. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
c.     Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
d.     Special Function Key
Terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
2)  Mouse, adalah salah unit masukan (input device). Fungsinya untuk perpindahan kursor secara cepat. Bisa juga sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Kebanyakan mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

3)        Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
4)      Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5)      Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
6)      Barcode
Termasuk unit masukan (input device). Fungsinya untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk yang dijual di supermarket atau pasar swalayan.
7)      Scanner
Adalah alat yang berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar/teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.  Selanjutnya bias disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip mesin fotocopy, perbedaannya , mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban computer yang disebut SCAN IR . Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan DMR lembar jawaban tidak harus menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
8)      Kamera Digital
Saat ini komputer telah mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan Kamera Digital, dengan kualitas gambar lebih baik dari scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital ada yang digunakan untuk mengambil gambar statis, ada pula yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak.
9)      Mikropon dan Headphone
Berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
10)  Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads ada dua jenis. Yang pertama, menggunakan jarum (stylus) dengan bantalan tegangan rendah, yang memiliki permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Yang kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar